Monday, April 2, 2012

Dear Diayu...

Mungkin pertama kali baca judulnya udah kebayang saya mau nulis apa disini :(

Diayu.

Nama yang menjadi sangat tenar akhir-akhir ini. Semua orang yang pernah kenal, pasti merasa sedih ketika mengingat kejadian beberapa pekan lalu.

8 Maret 2012

Harusnya jadi hari Kamis yang seperti biasa, namun hari itu menjadi sangat berbeda. Nggak tau kenapa, Bandung yang biasanya panas, menjadi dingin karena diguyur hujan semalam. Awan terlihat mendung ditambah lagi dengan suara tangis dimana-mana. IT Telkom berduka. Rabu malam, teman kita, sahabat kita, Diayu Eritasari menghembuskan nafas terakhir. Hampir sebagian orang tidak percaya, termasuk saya. Apalagi mendengar bahwa beliau adalah korban pembunuhan :(

Kejam.
Seorang Diayu adalah sosok yang baik, ramah, lucu dan aneh :)
Saya memang baru kenal beberapa bulan yang lalu, tepatnya setelah kami sama-sama tergabung dalam sebuah grup riset di kampus. Pertama kali kenal dia, kesan pertama adalah "pasti nih anak tipe-tipe gokil :D". Ternyata emang bener sih, setelah udah kenal beberapa waktu, penilaian saya terhadap dia tidak salah :D. Dia orangnya ceplas-ceplos, dan karena saya juga orang yang nyantai, asik-asik aja kalo diledekin dia :D

Pertama kali kenalan, dia masa bilang begini "Eh, kamu anak SI yang bloon itu ya?" mukanya polos dan tanpa dosa :O haha karena saya udah biasa digituin, saya cuma manyun dan ketawa -.-"
tapi bener deh, Diayu itu rajin, gokil, rame lah, dan rada ngga nyambung juga :p hehe. Tapi dia baik banget :)

Nah, sebelum dia pergi, saya sempet ketemu dia untuk yang terakhir kali. Sedikit cerita, beberapa minggu yang lalu saya memang jarang dateng ke riset, karena ada sesuatu yang memang tidak bisa ditinggalkan. 8 Maret siang, di depan Lab Fisdas saya ketemu dia lagi beli jajanan. Terus biasalah basa-basi. Tapi biasanya tuh kalau saya ketemu dia cuma say hello aja nggak ngomong apa-apa. Nah saat itu, tumben banget dia ngomong ke saya "Tantri nanti malem kamu dateng riset ga?" , belum sempet saya jawab, dia udah bilang lagi "Eh, kamu mah nggak akan dateng lagi ya". Saya yang denger gitu langsung jawab "Bukan nggak akan dateng lagi yu, tapi nanti kalau aku udah pindah jadwal pasti dateng deh". :(

Terus kami sama-sama melanjutkan urusan masing-masing. Nggak ada yang aneh sih dengan kata-kata dia kalau kejadiannya gak seperti sekarang. Malemnya, saya cerita ke temen saya, Nina. Kita cuma ketawa-ketawa inget Diayu dan kata-katanya tadi siang. Tapi ternyata apa yang saya tertawakan, menjadi sebuah kesedihan yang sangat mendalam keesokan harinya. Kata-kata "nggak akan" yang dia lontarkan siang kemarin, menjadi sebuah kenyataan, bukan untuk saya, tetapi untuk dia.. Dia yang nggak akan ketemu saya lagi di ruang riset seperti biasanya, selamanya.....

Saya baru saja mendengar berita meninggalnya Diayu ketika Kamis pagi, padahal kata temen saya udah dari Rabu malem rame. Maklum, sepulang dari kegiatan di Rabu malam, saya langsung tidur, sama sekali ga buka facebook, nggak buka twitter, dan 'membuang' HP jauh-jauh, karena saya emang pengen istirahat total :O dan sangat ketinggalan sekali saya ini, pagi-pagi ketika semua sudah tenang, saya yang baru baca sms dari temen tentang berita tersebut langsung telpon sana-sini, nggak ada yang angkat. Dan akhirnya, si Nina yang angkat telpon saya. Saya langsung syok ketika tahu berita itu benar. Dan tiba-tiba menjadi sangat sedih, rasanya baru kemarin saya ketemu. Baru kemarin bareng-bareng ke Jakarta, nyiapin buat acara di GSG, taunya sekarang udah ngga ada :( dan pas saya ribut di kosan, mbak kos saya cuma bilang "yah, itu mah udah dari semalem, kamu udah tidur sih, kita rame lho di kosan". Saat itu juga saya merasa menjadi manusia purba yang ngga tau apa-apa --", dan tentunya merasa sangat berdosa karena berita meninggalnya temen saya sendiri baru saya ketahui setelah teman-teman yang lain sudah tahu sejak kemarin malam. Baruuu, saya nangis saat itu juga -______-".

Dan Kamis pagi, semua mahasiswa/mahasiswi FRI pake jaket alamamater terbalik. Semua sedih, kaget, dan masih belum percaya. Tiba-tiba saya ingat, seminggu terakhir kemarin, saya sering banget ketemu Diayu di kantin, sampai-sampai saya pernah membatin "Sering banget ketemu Diayu, anak rscm yang sering banget ketemu nih". Ternyata .... >,<

Kemudian berita-berita miring seputar tragedi pembunuhan tersebut mulai tersebar, hingga akhirnya kemarin saya baru baca postingan di grup tentang pelaku yang sesungguhnya. Saya nggak tahu yang bener mana, tetapi saya berharap orang yang tega menghilangkan nyawa hanya untuk sesuatu yang tidak begitu besar harganya bisa mendapat balasan yang setimpal, dan dia bisa mengambil hikmah dari perbuatannya ini.

Satu pelajaran berharga dari Diayu adalah..

Kehilangan itu menyakitkan, bahkan mungkin ketika kita kehilangan orang yang kita benci pun akan terasa menyakitkan, apalagi kehilangan orang yang kita sayang. Maka dari itu, selagi kita masih bisa bersama teman-teman kita, sahabat kita, keluarga kita, dosen kita, sayangilah mereka, hargailah kehadiran mereka, karena kebahagiaan tidak selalu berupa materi, jabatan, ataupun prestasi, tetapi bisa tersenyum bersama sahabat-sahabat kita pun adalah sebuah kebahagiaan yang Tuhan berikan yang tidak bisa ditukar dengan apapun. Kalau kita sedang marah, bete, sebel dengan teman kita, coba ingat saat-saat bahagia bersama mereka, ingat lagi kebaikan mereka kepada kita, karena tidak ada manusia yang sempurna, pasti setiap orang pernah melakukan kesalahan dan itu wajar. Emang susah sih, tapi coba sedikit-sedikit pasti bisa :D

Saya sih biasanya kalau lagi sebel sama orang mending pergi dulu,ngejauhin orang itu, nggak ketemu sama orang yang saya sebelin, sampai sebel saya ilang haha #curcol :p
yaa, daripada muka saya bete di depan orang yang sedang saya bete-in, mending ketawa-ketawa dulu sama yang lain, kalau udah lupa baru balik lagi ke orang yang saya sebelin, jadi muka saya udah kembali netral dan ga ketauan kalau saya sebel sama dia :D hehe.

Hmm..
Untuk Diayu, tenang ya disana.. Kita semua mendoakan kamu :)
Maafin salah saya ya, meski hanya beberapa waktu saya mengenal kamu, tetapi banyak pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari seorang Diayu, terutama ketulusan kamu untuk berteman dengan saya :)

Selamat jalan, Diayu... :)
Ini foto bareng Diayu bareng sama anak-anak RSCM dan Tekmi :)



Special note :
Untuk teman-teman saya, maafin kalau saya ada salah ya, kalau saya pernah marah sama kalian atau bercanda berlebihan, atau suka ngga nyambung yang berlebihan juga, maaf ya, saya tidak bermaksud seperti itu, sesungguhnya dalam hati saya ingin merubah 'penyakit' saya yang keterlaluan itu :D hehe.

-tantri'depe'- 
























Related Articles

1 comment: