Sunday, April 8, 2018

Pedulikan Dirimu

Satu hal yang perlu dipedulikan dari sekian banyak orang yang ada disekitar kita adalah diri kita sendiri. Pada kenyataannya, semakin bertambah usia semakin sadar bahwa orang lain punya urusan masing-masing dan terkadang ketika bertanya kondisi kita saat ini hanyalah basa basi semata. Karena mereka juga punya urusan sendiri, dan kita juga ada urusan kita sendiri. Ketika kita ada masalah dan mencoba untuk mencari solusi dari orang lain sesungguhnya kita sedang tidak mencari solusi, tetapi kita sedang butuh seseorang untuk mendengarkan kita. Terkadang, orang lain juga tidak perlu tau apa yang sedang kita rasakan dan apa yang sedang kita alami. Kecuali, mungkin untuk beberapa orang terdekat yang memang sudah mengenal kita luar dalam, seperti keluarga, sahabat, atau mungkin siapapun yang kita anggap dapat dipercaya ketika kita menceritakan kisah kita kepada mereka. 

Bersosialisasi, sangat penting. Untuk menambah relasi, menambah rejeki. Tetapi sekali lagi, tidak ada yang lebih peduli pada dirimu kecuali kamu sendiri. Orang lain bisa saja setuju atau tidak setuju dengan keputusan yang akan kamu ambil dan ini sifatnya subjektif. Kita ga bisa menyalahkan mereka karena mereka juga memiliki urusan pribadi yang lebih penting daripada mengurusi permasalahan orang lain. Mereka membantu, tetapi hanya beberapa persen kecil dari sekian persen lain yang tersisa. Sisanya? Kita sendirilah yang harus mengatur mau dibawa kemana pemikiran kita, kepedulian kita terhadap diri kita sendiri.

Jadi, kita perlu untuk peduli pada diri sendiri. Karena diri kita juga butuh ditemani, disupport, dipedulikan oleh kita. Disaat orang lain satu per satu meninggalkan kita, kitalah yang akan tetap bersama raga kita sampai nanti. Sayangilah dirimu, percayalah padanya kalau dia mampu untuk menjadi bisa sesuai dengan kemampuannya. Pedulikan dirimu, tanyakan tentang keadaannya setiap saat. Jangan tinggalkan dia, karena dia butuh dirimu untuk bersamanya.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment