Thursday, August 30, 2012

I am Flying n I am Falling

AADJ EPS.4

Sengaja judul di atasnya agak berbeda, biar keren dikit hehe.
Tapi ceritanya masih sama, penolakan Jakarta terhadap kehadiran saya :D 
Kalau yang ini kejadiannya satu minggu kemudian. Tokohnya nambah satu, biasanya kan cuma saya sama Revi, nah ini ada si Far. Temen saya yang juga magang di Jakarta tapi beda kantor.


Sabtu pagi.
Kami bertiga berencana untuk jalan-jalan muterin Jakarta. Sebenernya ga tau mau kemana. Intinya mau keluar dari kosan gitu. Karena Far berkediaman di daerah Kebon Sirih deket kantor magangnya, kami memutuskan untuk ketemuan aja di shelter busway (bahasa saya udah keren nih) yang di deket BI. Buat yang belum tau shelter itu apa, sini saya jelasin #haha. Shelter itu halte khusus busway (cari di google), saya juga baru tau kemarin-kemarin, tenang aja kalian ga usah malu kalau baru tau sekarang :D

Naah, untuk menempuh perjalanan tersebut, saya dan Revi harus naik busway dari blok M nih.  Dari fatmawati naik metromini 610 dulu tuh sampai di blok M, lanjut naik busway sampai BI. Kalau kalian bingung, ga usah terlalu dipikirin. Saya cuma pengen pamer aja udah tau naik metromini macam apa di Jakarta, yaa meskipun cuma tau metromini 610 doang, tapi mending lah udah ada peningkatan hehe *Istighfar ga boleh pamer ya Allah*

Udah ya lanjut. Saya dan Revi akhirnya ke blok M buat naik busway. Tapi ternyata blok M itu gede ya. Turun di depannya aja saya bingung harus kemana. Mana ga keliatan bentuk-bentuk halte di sekitar situ. Akhirnya kami bertanya kepada satpam yang sedang berkeliaran. Dan ternyata kami harus memasuki blok M dulu, menuruni tangga, melewati lorong yang panjang, kemudian mencari halte di celah-celah keramaian. Agak rumit intinya, dan bingung karena di dalem blok M banyak banget manusia. Untunglah, di dalem blok M kami bertemu dengan seorang bapak yang berbudi pekerti luhur, rela mengantarkan kami sampai ke tempat busway. Alhamdulillah, saya merasa beruntung sekali bertemu dengannya, mungkin bapak itu merasa kasian melihat kami yang terlihat begitu memprihatinkan. Setelah selesai membeli tiket, kami mengantri.

Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti ini. Manusia semua berbaris tidak beraturan menunggu busway. Banyaaaaaak banget! Mereka lagi pada antri nunggu busway, penuh sesak, kalau saya asma mungkin udah pingsan duluan kali ya. Sekalinya busway dateng tuh, langsung dorong-dorongan. Sungguh tragis. 

Setelah adegan dorong-dorongan terjadi beberapa kali, akhirnya tiba giliran saya untuk naik ke busway. Saya senang sekaligus deg-degan. Duh yang ini ditulis nggak yaaa.. Hehe, ini ada PERTAMA kalinya saya naik busway seumur hidup saya :D

Akhirnya busway yang saya tunggu datang juga. Saya gerogi banget serius. Si Revi selalu memantau keadaan saya, dia selalu menengok ke belakang berkali-kali dan berkata "tetap di belakang aku", saat itu juga saya merasa berada dalam sebuah film dimana saya dilindungi oleh seseorang yang akan menyelamatkan hidup saya dari kejaran para penjahat yang akan membunuh saya. (-___-")


Kemudian, pintu buswaypun terbuka. Muncullah mas-mas alias petugas busway yang berteriak -teriak "Lihat bawah! Lihat bawah! Jangan dorong-dorongaan!". Tapi emang dasar manusia, udah dibilang jangan dorong-dorongan tetep aja main dorong. Saya pun juga merasa terdorong dari belakang, tiba-tiba ketika saya sudah hampir mendekati pintu busway, saya merasa terbaaang sangaat tinggi ke awaan...
Kemudian saya mendengar teriakan dari orang-orang sekitar saya
"Weey jatooh... jatoooh..."

"Lihat bawaaaah... ati atiii.."

"tolongin ... tolongiin tuuh.."

Oalaaah, ternyata saya jatoh -..- baru sadar heeh.
Tiba-tiba Revi muncul dari kerumunan orang dan hanya geleng-geleng kepala. Sayapun nyengir pasrah. Akhirnya saya berhasil diangkat oleh orang-orang. Buset malu banget dah. Tapi kenapa saya tulis di blog ya? *mikir*

Yaaah, itulah. Karena kejadian tersebut, saya dan Revi tidak mendapat tempat duduk dan berdiri di dalam busway. Revi tadinya udah mau dapet bangku tuh, tapi karena harus rela menunggu saya diangkat, akhirnya dia merelakan bangku itu diduduki oleh orang lain. Sungguh mulia sekali hatinya. (abis ini minta traktir ke Revi hehe)

Sebenarnya saya malu sih, tapi pas tengok kanan kiri, Alhamdulillah ga ada yang kenal. Jadi saya abaikan saja. Anggap saja tidak terjadi apa-apa. Sambil menunggu busway sampai, saya mengobrol kecil dengan Revi.

Revi : sakit ga, Tan?

Aku : enggak kok, tapi IYAAAA sih sakiit, huweeeee.

Revi : kok bisa jatoh sih?

Aku : khilaf, ga sadar, berasa terbang terus nyungsep.

Diam. Entah kenapa ya, meskipun udah berusaha mengabaikan orang-orang dan berusaha berpikiran kalau orang itu pasti ga ada yang inget, tapi tetep aja malu cooy! Akhirnya demi mengalihkan perhatian orang-orang yang mungkin memerhatikan saya yang abis jatoh, saya sok asik ngobrol sama revi lagi.

Aku : Eh rev, kita turun dimana ya? (padahal inget banget mau turun di BI)

Revi : di BI

Aku : Itu di yang mana ya? (dalam hati : buruaaan nyampeee wooy)

Revi : gatau, nanya aja ntar. kalau kamu tanya ke aku sama aja gataunya.

*iyasih*

Diam. Beberapa menit kemudian ga nyampe juga.

Aku : Ini halte yang apa yaaa? (dalam hati : mana siiih halte yang ada BI nyaa)

Revi : gatau juga aku.

Aku : lumayan juga ya ternyata (dalam hati : ya Allah, ini udah dari jam berapaaa tadii ga sampe2)

Alhamdulillah kami sampai dengan selamat. Satu hal yang saya lakukan ketika akan turun adalah LIHAT BAWAH. Ini adalah hal yang paling rajin saya lakukan ketika naik busway di Jakarta. Dengan keluarnya saya dari pintu busway tersebut, saya merasa harga diri saya kembali. Saya yakin tidak akan pernah bertemu orang-orang di busway karena emang ga ada yang kenal. Dan saya kembali ceriaa :D

Saya bertemu Far di depan BI seperti yang sudah direncanakan. Kami memilih ke Monas, karena gatau lagi mau kemana. Kemudian ke Istiqlal. Dan terakhir ke Gambir karena saya dan Revi kebetulan akan ke Bandung minggu depannya dan berencana naik kereta.

Setelah melewati hari tersebut, saya kembali merasa menjadi manusia seutuhnya. Cuma Revi doang yang tau kejadian tragis di busway, jadi saya merasa aman. Kalian ga usah bilang-bilang ya kalau saya pernah jatoh di busway. Cukup menjadi rahasia kita aja, okee.. *mengaitkan kelingking*

Dua minggu kemudian.

Ceritanya saya lagi fotocopy nih di kantor. Nah, tiba-tiba ada seorang mbak-mbak karyawan yang dateng dan mau fotocopy. Logat dia ngomong tuh ga asing banget bagi telinga saya. Mirip-mirip bangsawan Tegal dan sekitarnya gitu. Otomatis saya penasaran doong. Dan ternyata dugaan saya benar, beberapa bapak-bapak disitu pada ngegodain mbaknya pake bahasa Tegal yang medok. Saya sih emang lagi diem aja sambil duduk dan menganalisa kejadian tersebut.
Pas bapak-bapaknya pergi dan kondisi memungkinkan untuk bertanya karena udah ga berisik, akhirnya saya mendekati si mbak itu.

Aku : mbak, dari tegal yaa?

Mbak : iya. kamu lagi magang? sekolah mana?

Aku : ooh, dari telkom mbak..

Mbak : SMK ya..

Aku : ehh bukan mbak, kuliah hehe. (muka saya keliatan muda kali ya :p)

Mbak : oh kuliah, kirain SMK. pake seragam sih.

Aku : iya mba, emang begini gaya kita. Eh, mbaknya dari Tegal kan tadi? (saya terharu ada orang
tegal di tempat asing ini dan merasa sangat bahagia gitu)

Mbak : iyaa.. kamu darimana asalnya?

Aku : dari tegal juga lhoo mbaak :D

Mbak : oh iya, dulu SMA mana?

Aku : SMA bla bla bla

dan berlanjutlah obrolan tentang Tegal. Ternyata kita adalah sodara seperkampungan, dan ini sangat sangat menyenangkan punya orang senasib di kantor :D
Tiba-tiba si mbaknya nanya

Mbak : eh kayanya aku pernah liat kamu deh di blok M, sabtu kemarin ke blok M kan ya?

Aku : *mikir*

Mbak : aku liat kamu sama temen kamu yang berjilbab juga (revi maksudnya)

Saya rada khawatir, jangan-jangan si mbaknya liat saya dan Revi pas tragedi maut jatoh dari busway. waduuh. Tapi setelah diingat-ingat, minggu kemarin kan saya ga ke blok M, tapi ke Bandung. Hehe, saya bernafas lega.


Aku : *wajah lega dan ceria* aaah, saya kan sabtu kemarin ke Bandung mbaak.. salah liat kali..

Mbak : enggak, kok. liat kamu sama temen kamu. bukan minggu kemarin sih, minggu kemarinnya lagi.

Aku : *mampus* eehh masaaaa? *pura2 mikir* (dalam hati : iya banget lah mba, tau aja situ kalau saya ke blok M)

Mbak : iyaaa, aku liat kok. Lagi di busway kaan..

Aku : eeehhh, apa iya mbaa? *pura2 amnesia* (dalam hati: iya mba, saya naik busway terus jatooh. mbak pasti liat kan yaaa. huhuhu)
Alhamdulillah, bapak fotocopy berhasil menyelesaikan fotocopyan mbaknya. Dan mbak itupun berlalu.

Mbak : Eh aku duluan yaa, siapa nama kamu tadi?

Aku : Tantri mbak.

Mbak : oke, Tantri. salam buat temen kamu. Saya duluan yaa, daaaah

Aku : iya mbaa dadaaah, hati2 mbaak. (dalam hati : Alhamdulillah pergi)

Ya begitulah, ternyata disaat kejadian yang amat sangat memalukan itu ada orang lain yang melihat.  Eh gatau juga ding liat apa engga, tapi feeling saya mengatakan si mbaknya liat. Saya berharap mbaknya ga baca tulisan saya ini hehe. Kalaupun baca, saya sekalian minta maap deh soalnya kemarin pura-pura amnesia :p

Bagi kalian semua, jadikan ini sebagai pengalaman berharga ya. Jangan sampai ada orang yang bernasib  sama seperti saya. Ingat! LIHAT BAWAH kalau mau naik busway, camkan itu! Oke :O

Nampaknya, kehadiran saya di Jakarta memang belum sepenuhnya diterima.. Emmm...

-tantri 'depe'-






Related Articles

7 comments:

  1. gw bru sekali dgr orang jatoh mau naik bus way tan, parah nih haha :P

    ReplyDelete
  2. hahahaha,, kadang2 aku ga ngerti tan sama apa yg kamu pikirin. dah tau ini kekurangan mu,, eh malah diceritain,,
    but this story very entertain me,, LOL :D

    AGFI

    ReplyDelete
  3. hahaha, ini sebagai pembelajaran untuk orang lain, biar ati2 kalau naik busway gitu :D

    TANTRI

    ReplyDelete
  4. ha,,,masa jatuh ky terbang tan?haduh km tu ada" aja sumpah ;).tp good ;)

    ReplyDelete
  5. bakat nulis kayaknya :D

    ReplyDelete
  6. @jayanti : ya itulah aneh -_-
    @anonim : aduh terima kasih :')

    ReplyDelete